Alam Semesta yang Memuai

Jumat, 20 November 2015

Ilustrasi alam semesta
Menurut pengamatan yang dilakukan oleh Edwin Hubble pada masa lalu, alam semesta atau jagat raya tempat kita hidup, tidaklah statis (tetap). Sebaliknya, alam semesta terus memuai tanpa henti, sejak terjadinya Big Bang dan terbentuknya alam semesta sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Artinya, benda-benda angkasa selalu saling menjauh satu sama lain. Ini juga berarti, galaksi tempat kita berada saling bergerak berjauhan dengan galaksi-galaksi lainnya. Semakin besar jarak antara dua galaksi, semakin cepat keduanya bergerak saling menjauh.

Meskipun bergerak saling menjauh, galaksi-galaksi ini tetap berada dalam ruang angkasa, sehingga ruang angkasa juga ikut memuai. Dengan kata lain, alam semesta tidak memiliki pusat. Segalanya bergerak saling menjauh satu sama lain.

Untuk menggambarkan pemuaian alam semesta, kita bisa mengibaratkannya seperti sebuah adonan roti kismis. Ketika roti mengembang (membesar), kismis yang berada di dalamnya juga bergerak saling menjauhi satu sama lain, namun semua kismis ini masih tetap berada di dalam adonan. Dalam hal pemuaian alam semesta, kismis ini adalah analogi bagi benda-benda langit yang jumlahnya luar biasa banyak, sehingga banyak di antaranya belum bisa diamati oleh teknologi kita yang berada di Bumi. Benda-benda langit tersebut tidak teramati, karena telah bergerak menjauh sedemikian cepat, sehingga cahayanya tidak mampu mencapai Bumi. Untunglah, gaya gravitasi yang bekerja dalam tingkat lokal menyebabkan benda-benda angkasa ini tetap berada dalam ruang angkasa.

Penemuan Fakta tentang Memuainya Alam Semesta
Pada 1925, ahli astronomi Amerika, Edwin Hubble, melakukan serangkaian observasi yang membawanya pada kesimpulan mencengangkan: bahwa jagat raya tidak statis, alias memuai. Hubble membuktikan bahwa terdapat keterkaitan antara laju galaksi-galaksi yang jauh dan jarak galaksi-galaksi itu dari Bumi. Upaya ini menghasilkan teori yang dikenal dengan Hubble’s Law (Hukum Hubble).


Sumber Rujukan:

  1. http://www.loc.gov/rr/scitech/mysteries/universe.html
  2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e6/Expanding_Universe.jpg

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Sainsblog.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License